Model Certainty Factor – Pengantar

Model certainty factor adalah metode untuk mengelola ketidakpastian dalam sistem berdasarkan aturan. Shortliffe dan Buchanan (1975) mengembangkan model CF di pertengahan 1970-an untuk MYCIN, sistem pakar untuk diagnosis dan pengobatan meningitis dan infeksi darah. Sejak itu, model CF telah menjadi pendekatan standar untuk manajemen ketidakpastian dalam sistem berdasarkan aturan.

Ketika model CF diciptakan, banyak peneliti kecerdasan buatan (AI) menyatakan perhatian pada penggunaan probabilitas Bayesian (atau subjektif) untuk mewakili ketidakpastian. Dari sejumlah peneliti tersebut, sebagian besar menaruh perhatian tentang batasan praktis penggunaan teori probabilitas. Secara khusus, peneliti ilmu informasi menggunakan model idiot-Bayes untuk membangun sistem pakar untuk obat dan domain lainnya. Model ini melingkupi asumsi bahwa (1) kesalahan atau hipotesis adalah saling eksklusif dan lengkap, dan (2) lembar bukti adalah saling independen tanpa syarat, jika diberikan setiap kesalahan atau hipotesis. Asumsi tersebut berguna, karena adopsi tersebut membuat pembangunan sistem pakar menjadi praktis. Sayangnya, bagaimanapun juga, asumsi sering tidak akurat dalam praktek.

Model CF diciptakan untuk menghindari asumsi tidak masuk akal dalam model idiot-Bayes. Pada artikel ini, bagaimanapun juga, kita melihat bahwa model CF tidak lebih berguna dari yang model idiot-Bayes. Bahkan, dalam keadaan tertentu, model CF secara implisit menetapkan asumsi bebas bersyarat yang lebih kuat daripada model idiot-Bayes. Kami menelusuri kelemahan dalam model CF hingga sampai pada fakta bahwa model mengenakan jenis modularitas yang sama pada aturan pasti yang kita anggap aturan logika, meskipun secara inheren penalaran ketidakpastian kurang modular dibandingkan penalaran logis. Selain itu, kami memeriksa jaringan kepercayaan, sebuah representasi grafis dari keyakinan dalam kerangka probabilistik. Kita melihat bahwa representasi ini mengatasi kesulitan yang berhubungan dengan model CF.

Sumber: http://research.microsoft.com/~heckerman/h92encyclopedia.pdf

Keyword pencarian: metode certainty factor, certainty factor adalah, metode certainty factor adalah, certainty factor, metode ketidakpastian certainty factor, algoritma certainty factor, sistem pakar metode certainty factor, metode certanty factor, sistem pakar dengan metode certainty factor, sistem pakar certainty factor, certainty factor wiki, metode certainty factor dalam sistem pakar, metode uncertainty factor dalam sistem pakar, Modul metode certainty factor pdf, pencarian dengan Certainty factor.

Tinggalkan Balasan